Monday, July 8, 2013

Puasa dan Assorisnya



Puasa itu bagaikan sebuah rumah atau sebuah mobil . Sebuah rumah mesti memliki unsur utama dan unsur pelengkap. Unsur utama rumah adalah semua bahagian-bahagian yang penting dari rumah itu. Rumah harus memiliki fondasi, tiang, memiliki tembok, memiliki atap, memiliki pintu, memiliki jendela, dan lain-lain. Dapat dibayangkan kalau sebuah rumah tidak memiliki salah satu atau semua bahagian itu. Jika bahagian-bahagian yang penting itu tidak ada pada rumah itu, maka boleh dikatakan bahwa itu bukanlah rumah. Unsur pelengkap rumah adalah perabot-perabotnya, atau apa yang sekarang disebut aksesori. Unsur pelengkap rumah bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang memliki rumah yang perabot-perabotnya lengkap, ada orang yang perabot-perabotnya kurang, dan bahkan ada orang yang perabot-perabot rumahnya sangat minim. Di antara perabot-perabot rumah itu ialah kursi dan meja tamu, tempat tidur, lemari, meja tulis, AC, kulkas, dll. Dapat dibayangkan kalau Anda tinggal di sebuah rumah yang tidak ada perabot-perabotnya.
Puasa juga dapat diibaratkan sebagai sebuah mobil, yang harus memiliki unsur utama dan unsur pelengkap. Jika sebuah mobil tidak memiliki salah satu atau semua unsur utama itu maka mobil tidak mungkin dijalankan. Unsur utama mobil itu, misalnya, mesin dengan segala komponennya, roda, felek, bensin, oli, dll. Unsur utama ialah unsur yang harus ada dan dimliki oleh sebuh mobil, tanpa itu mobil tersebut tidak mungkin dapat dijalankan. Unsur pelengkap mobil itu adalah aksesori-aksesorinya, seperti radio, tape, AC, lifebelt, dsbnya. Mobil dapat berjalan kalau sudah memenuhi unsur utama. Tanpa unsur pelengkap, sebuah mobil dapat berjalan, tetapi jalannya tidak dalam kondisi nyaman dan menyenangkan. Dapat dibayangkan kalau kita menaiki sebual yang tidak ber-AC, mislanya, kita pasti akan kepanasan.
Demikianlah pula puasa itu, di samping harus memiliki unsur-unsur utama, juga harus dilengkapi dengan unsur-unsur pelengkap (aksesori-aksesorinya). Puasa yang tidak dilengkapi dengan aksesori-aksesori itu akan menjadi kering, hanpa, tidak segar, tidak nyaman, tidak menyenangkan, dan tidak menyegarkan. Sebaliknya, puasa yang dilengkapi dengan aksesori-aksesori itu pasti menyenangkan, segar, nyaman, menyegarkan, dsb.
Ada sekian banyak aksesori puasa yang dapat diadakan atau dilakukan oleh seseorang yang berpuasa, di antaranya:
1.       Membaca Al-Quran
2.      Berzikir
3.      Qiyamul lalil (salat malam)
4.      Bersadakah
5.      Itikaf di Masjid
6.      Melakukan umrah Ramadhan
7.      Menghidupkan lailatul qadr dengan ibadat
8.     Menunaikan zakat fithar
9.      Melaksanakan salat Id al-Fitri
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou