Saturday, July 13, 2013

PENGARUH PUASA TERHADAP PEMBENTUKAN MASYARAKAT MADANI



Puasa Ramadhan dengan segala aksesori yang telah dilakukan oleh setiap muslim dengan penuh keimanan dan keikhlasan itu akan menimbulkan berbagai pengaruh dan dampak yang besar dalam diri  dan kehidupan individu, baik dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, hubungan dengan orang lain dan lingkungannya, serta hubungan dengan Allah swt.
Puasa dan aksesorinya menanamkan dalam diri setiap individu sikap-sikap yang sangat terpuji berkat tempaan dan didikan yang dihasilkan oleh ibadah-ibadah yang dilakukan selama berpuasa. Ia akan lebih menyadari dirinya lagi bahwa ia adalah hamba Allah yang harus patuh dan tunduk terhadap segala perintahnya dan ini akan menimbulkan kesadaran yang tinggi tentang eksistensi dirinya. Ibadah yang dilakukannya akan menjadikannya seorang individu yang memiliki sifat-sifat yang terpuji sesuai dengan sifat-sifat terpuji yang dimliki Allah.
Ibadah puasa dan aksesorinya akan menimbulkan dampak dalam diri seseorang untuk menyatakan bahwa dirinya bukanlah satu-satunya, tetapi merupakan bahagian dari masyarakat dan lingkungannya. Ia tidak hidup sendirian, tetapi hidup bersama orang lain. Karena itu, ketika ia berpuasa dan melakukan aksesori puasa, ia menjadi sadar untuk memahami dan ikut merasakan apa yang dialami oleh saudara-saudaranya yang lain. Dar sini muncul kesadaran dan perasaan sosial seseorang, muncul rasa kesetiakawasan sosial yang tinggi dan pada akhirnya menimbulkan kepekaan dan solidaritas yang tinggi.
Ibadah puasa dan aksesorinya itu akan lebih mendekatkan diri seseorang kepada Allah swt. Kepatuhan terhadap segala perintah dan kepatuhan untuk meninggalkan larangan Allah pada hakikatnya merupakan simbol penyerahan diri dan kepatuhan terhadap apa yang diperintahkan. Bertambah tinggi kepatuhan seseorang akan bertambah tinggi derajat kepatuhan dan kedekatannya dengan Allah.
Apabila puasa dan segala aksesorinya telah dilakukan oleh setiap manusia atau setiap muslim dengan baik, dan penuh keikhlasan dan kepatuhan, maka orang itu akan terbentuk dan menjadi muslim yang sejati, yang berada dalam naungan dan rida Allah. Kalau setiap orang atau muslim melakukan hal yang sama maka dari mereka akan muncul dan lahir suatu masyarakat madani yang berada di bawah naungan dan ridha Allah, yang senantiasa patuh dan tunduk kepada segala perintah dan atauran Allah.
Semoga ada manfaatnya bagi kita.
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou