Monday, July 22, 2013

"Kesabaran Untuk Belajar"


  1. Seorang anak muda mengunjungi seorang  ahli permata dan menyatakan maksudnya  untuk berguru. Ahli permata itu menolak pada mulanya, karena  dia kuatir anak muda itu tidak memiliki kesabaran yang cukup untuk belajar. Anak muda itu  memohon dan memohon sehingga akhirnya ahli permata itu menyetujui  permintaannya. "Datanglah ke sini besok pagi." katanya.
  2. Keesokan harinya, ahli permata itu meletakkan sebuah batu berlian di atas  tangan si anak muda dan memerintahkan untuk  menggenggamnya. Ahli  permata itu meneruskan pekerjaannya dan meninggalkan anak muda itu sendirian sampai sore.
  3. Hari berikutnya, ahli permata itu kembali menyuruh anak muda itu menggenggam batu yang sama dan tidak mengatakan apa pun yang lain sampai sore harinya. Demikian juga pada hari ketiga, keempat, dan kelima.
  4.  Pada hari keenam, anak muda itu tidak tahan lagi dan bertanya, "Guru, kapan saya akan diajarkan sesuatu?"
  5. Gurunya berhenti sejenak dan menjawab, "Akan tiba saatnya nanti," dan  kembali meneruskan pekerjaannya.
  6. Beberapa hari kemudian, anak muda itu mulai merasa frustrasi. Ahli permata itu memanggilnya dan meletakkan sebuah batu ke tangan pemuda itu. Anak muda frustrasi itu sebenarnya sudah hendak menumpahkan semua kekesalannya, tetapi ketika batu itu diletakkan di atas tangannya, anakmuda itu langsung berkata, "Ini bukan batu yang sama!"
  7. "Lihatlah, kamu sudah belajar," kata gurunya.

Renungan :
Hidup mengajari kita secara diam-diam. Semakin kesal kita pada hidup ini semakin jauh kita darinya. Tiada yang lebih baik kita lakukan pada hidup ini selain kita belajar dengan sabar untuk menerima apa adanya. Semoga kisah inspirasi kehidupan ini bermanfaat.
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou