Tuesday, July 2, 2013

DATA PEMINATAN PESERTA DIDIK KELAS X TAHUN PELAJARAN 2013/2014



DATA PEMINATAN
PESERTA DIDIK KELAS X
TAHUN PELAJARAN 2013/2014






Oleh:
HM. Fauzan, M.Si



























PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO
 DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 BESUKI
2013
KATA PENGANTAR

Puji  syukur  kita  panjatkan  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  bahwa  SMAN 1 Besuki dengan dukungan pemerintah, dewan guru dan komite sekolah telah dipercaya sebagai Sekolah Induk pelaksana Implementasi Kurikulum 2013. Salah satu point penting dalam Kurikulum 2013 adalah Peminatan.
Peminatan dalam Kurikulum 2013 ini mencakup kelompok mata pelajaran wajib, kelompok mata pelajaran peminatan serta kelompok mata pelajaran pendalaman dan lintas Minat untuk peserta didik SMA/MA yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan terintegrasi dalam program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan, khususnya dalam jenjang pendidikan menengah. Artinya, program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan harus memuat pelayanan peminatan baik kelompok mata pelajaran maupun lintas minat mata pelajaran. Upaya ini mengacu kepada program pelaksanaan kurikulum tahun 2013, khususnya terkait dengan peminatan akademik, pilihan lintas minat atau pendalaman mata pelajaran, dan peminatan studi lanjutan. Program bimbingan dan konseling dengan peminatan sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) atau Konselor di setiap satuan pendidikan.
Dalam konstruk dan isinya kurikulum tahun 2013 mementingkan terselenggaranya proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa , kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan peserta didik. Proses  belajar  yang  dilakukan  menggunakan  pendekatan  ilmiah  (scientific  approach) dengan penilaian hasil belajar berbasis proses dan produk. Untuk ini, selain memuat isi kurikulum dalam bentuk mata pelajaran dan kegiatan lainnya, Kurikulum Tahun 2013 menyajikan kelompok mata pelajaran wajib, mata pelajaran peminatan, dan mata pelajaran pilihan untuk pendidikan menengah yang diikuti peserta didik sepanjang masa studi mereka. Kelompok mata pelajaran peminatan meliputi peminatan akademik, lintas mata pelajaran atau pendalaman mata pelajaran  dan peminatan studi lanjutan. Untuk SMA  peminatan akademik meliputi peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, peminatan Ilmu-Ilmu Sosial dan peminatan Bahasa dan Budaya. Guru BK/Konselor membantu peserta didik dalam memenuhi Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran untuk peserta didik sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat dan kecenderungan pilihan masing-masing peserta didik.
Peminatan memberikan kesempatan yang cukup luas bagi peserta didik untuk menempatkan diri pada jalur yang lebih tepat dalam rangka penyelesaian studi secara terarah, sukses, dan jelas dalam arah pendidikan selanjutnya. Wilayah Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata  pelajaran bagi  peserta  didik  ini,  dalam  keseluruhan  program pendidikan satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan bidang pelayanan BK yang menjadi  wilayah  manajemen  BK  dan  wilayah  tugas  pokok  Guru  BK/Konselor  dalam kerangka keseluruhan program pelayanan BK pada satuan pendidikan. Pendalaman materi mata pelajaran merupakan bidang pelayanan pembelajaran yang menjadi wilayah manajemen pembelajaran dan wilayah tugas pokok Guru Mata Pelajaran dalam kerangka keseluruhan program pembelajaran pada satuan pendidikan. Buku Data Peminatan ini digunakan sebagai acuan bagi Guru BK/Konselor dalam memberikan pertimbangan kepada pihak-pihak terkait dalam menentukan kebijakan terkait implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan. Buku Data Peminatan ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Implementasi Kurikulum 2013.
Selamat kepada peserta didik yang telah diterima di SMAN 1 Besuki. Semoga Buku Data Peminatan ini dapat memberikan gambaran arah peminatan peserta sehingga guru BK/Konselor dapat memberikan rekomendasi yang tepat dan sesuai dengan harapan peserta didik dan orang tua.


Kami yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama guru BK/Konselor SMAN 1 Besuki  : 1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................

Setelah dilakukan analisis data peminatan terhadap peserta didik,


Nama Lengkap

JK : L/P

Nomor Peserta


Asal Sekolah SMP/MTs

Maka peserta didik tersebut direkomendasikan oleh Guru BK/Konselor masuk
Kelompok Peminatan

Mata Pelajaran

1. Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam

2. Ilmu-Ilmu Sosial
(di isi guru BK/Konselor)

Pendalaman Materi dan Lintas Minat )*di isi guru BK/Konselor

Mata Pelajaran

1. Matematika;   2.  Biologi ;  2. Fisika;    3. Kimia

2. Geografi;  2. Sejarah;  3.  Sosiologi;  4.  Ekonomi
(di isi guru BK/Konselor)

Kelas

1.  SMT 1 : X ……..… ; SMT 2 : X .............................

2.  SMT 1 : XI ………….… ; SMT 2 : XI ............................

3.  SMT 1 : XII …….... ; SMT 2 : XII ...........................




Mengetahui,

Besuki,          Juli 2013


Kepala Sekolah                                                          Guru BK/Konselor,




.........................................................                             ............................................................
NIP.                                                                                           NIP.

ANGKET PEMINATAN PESERTA DIDIK


Photo 3x4



Nama Lengkap        : ……………………………………………………

No. Pendaftaran      : …………………………………………..     JK : L / P

NIS                          : ........................................................................... (di isi sekolah) NISN                       : ........................................................................... (di isi sekolah) Asal Sekolah SMP  : .…………………………………………………………………..
Tanggal Mengisi      : …….. - ……………………..………….. 2013





PENGANTAR

Angket ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang identitas dan minat anda terhadap Peminatan dan Pendalaman Mata pelajaran yang diinginkan. Informasi/data yang anda sampaikan akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan penerimaan dan penempatan Kelompok Mata Pelajaran Peminatan Akademik anda di sekolah ini. Untuk itu, isilah secara hati-hati dan benar sesuai dengan diri anda, sebab kekeliruan isian ini akan berpengaruh terhadap karir dan masa depan anda. Semoga anda jadi orang yang berhasil di masa depan dan cita-citanya dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


A. PETUNJUK PENGISIAN

1.  Berdo’a lah sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini

2. Bacalah secara teliti

3. Jawablah semua pertanyaan secara jujur sesuai dengan diri Anda.



B.  IDENTITAS PESERTA DIDIK DAN ORANG TUA

1.  Nama Siswa                     : …………………………………………………………..….  JK : L  / P

2.  Tempat/Tgl Lahir              : …………………………………………………………………………

3.  Nama Orang tua              : …………………………………………………………………………

4.  Alamat Rumah                 : ……………………………………………………………………………

5.  Telephon/HP                    : Ortu : ……………….... Siswa : ……………………….

6.  Pekerjaan Orang tua        : ………………………………………………………...………………....

C.  PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK




NO



BIDANG STUDI
NILAI RAPORT

NILAI UN
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah

Rata-Rata

Sem 1

Sem 2

Sem 1

Sem 2

Sem 1

Sem 2
A
KELOMPOK BAHASA









1
Bahasa Indonesia









2
Bahasa Inggris










Jumlah Rata2 Nilai



B
KELOMPOK SOSIAL









1
Matematika









2
I P S










Jumlah Rata2 Nilai



C
KELOMPOK ILMU ALAM









1
Matematika









2
IPS










Jumlah Rata2 Nilai




D.  PRESTASI NON AKADEMIK

NO
BIDANG
URAIAN PRESTASI
TINGKAT KEJUARAAN
1
Olahraga


2
Seni


3
Kreatifitas


4
Lain-lain



E.   PILIHAN/PEMINATAN (Tuliskan pilihan dan beri tanda cek)


NO

KELOMPOK PEMINATAN
PILIHAN

ALASAN PILIHAN
I
II

1
Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu
Alam, terdiri dari mata pelajaran
Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia



2
Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, terdiri dari
mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi




F.    PILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN DAN PENDALAMAN (Boleh memilih mata pelajaran lintas minat)


KELOMPOK PEMINATAN
PILIH SALAH SATU
MATA PELAJARAN

ALASAN

Pilihan Pendalaman Minat dan/atau Lintas
Minat mata pelajaran, diantaranya :
1) Matematika, 2) Biologi, 3) Fisika, 5) Kimia,
6) Geografi, 7) Sejarah, 8) Sosiologi,
9) Ekonomi



G.  MINAT STUDI LANJUT


NO

NAMA PTN/KEDINASAN

ALASAN PILIHAN
1


2


3



H.  MINAT PEKERJAAN


NO

JENIS PEKERJAAN

ALASAN PILIHAN
1


2


3



I.    HASIL PEMERIKSAAN KESEHATAN (Beri tanda V)

Karakter Dasar Peserta Didik
NO

JENIS PEMERIKSAAN
HASIL
YA
TIDAK
1
Buta warna


2
Bertato


3
Bertindik


4
Cacat Fisik


5
Tinggi badan


6
Lain-lain :



 
1.  Kemampuan Dasar (IQ)             : ……
2.  Bakat             : ……
3.  Minat              : ……
4.  Kecendrungan Diri       : ……

(diisi oleh guru BK)


J.   PERHATIAN ORANG TUA

Harapan orangtua bagi putra/puterinya :

No
Unsur
Harapan Orangtua
Alasan Orangtua
a
Pilihan Peminatan


b
Studi lanjut setelah SLTA


c
Pekerjaan dimasa y.a.d



K.  REKOMENDASI GURU BK/KONSELOR SMP/MTs

1.   Kelanjutan Studi            : …………………………………………………………………………….

2.   Dunia Kerja                    : …………………………………………………………………………….

L.   FASILITAS BELAJAR & SARANA TRANSPORTASI KE SEKOLAH

1.  Keadaan Rumah     : Mengontrak/ Rumah Sendiri/ Tinggal bersama

Saudara   )*coret salah satu

Lainnya                    : ........................................................................................

2.  Ruang Belajar         : Khusus / Menyatu dengan kamar tidur

Lainnya                    : .......................................................................................

3.  Berangkat ke sekolah dengan mengunakan : ………………………………


M.  HAL-HAL LAIN YANG INGIN DISAMPAIKAN OLEH ORANG TUA/SISWA
















Data tersebut diatas telah kami isi sesuai keadaan yang sesungguhnya dan sejujur-jujurnya guna membantu proses yang diperlukan. Apabila ternyata data tersebut diatas tidak sesuai dengan yang sebenarnya, saya bersedia dikenakan sanksi dari sekolah.




Mengetahui & menyetujui,


Orang Tua/ Wali,                                                  Peserta Didik,

Materai
6000


.......................................................                             ......................................................
 (Tandatangan & Nama Terang)                         (Tandatangan & Nama Terang)

CATATAN PERKEMBANGAN LAINNYA TENTANG PESERTA DIDIK

)* diisi oleh guru BK/Konselor



....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................

....................................................................................................................................
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou