Saturday, June 1, 2013

Usaha Mengenal Hati

"Sesungguhnya jiwa ini bagaikan sebuah kerajaan. Tangan, kaki dan seluruh anggota tubuh adalah daerah kekuasaannya. Kekuatan nafsu wali kotanya, kekuatan angkara murka adalah polisinya. sedangkan hati adalah rajanya dan akal sebagai perdana menterinya".
Raja Mengatur mereka semua, sehingga kerajaan menjadi dinamis dan terkendali. Sebab walikotanya yakni nafsu memiliki watak pembohong, dan mencampur adukkan persoalan. Polisinya, sang angkara murka bertabiat kejam, dan perusak. Jikalau sang raja membiarkan mereka berjalan sesuai dengan keinginannya sendiri-sendiri, maka hancurlah kerajaan jiwa tersebut.
Dalam menjalankan roda pemerintahan kerajaan jiwa sang raja melakukan komunikasi intens dengan perdana menteri yang dalam hal ini adalah akal agar kondisi kerajaan jiwa menjadi tenteram dan damai.
Demikian pula Hati yang merupakan raja selalu meminta pertimbangan akal di dalam menempatkan nafsu dan angkara murka dibawah kendali dan perintah akal. sehingga keadaan diri akanmenjadi stabil dan dapat mencapai kebahagiaannya, yaitu mengenal sang maha tinggi yaitu Gusti Allah. bersambung.... (keajaiban-keajaiban hati).
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou