Saturday, June 1, 2013

Usaha Mengenal Diri

Kalau kau mengatakan, "aku mengenal diriku", maka sebenarnya yang kau kenal hanyalah fisik lahirmu yang berupa tangan, kaki, kepala dan badan. Kau tidak mengenal apa yang ada dalam batinmu yang berupa sesuatu yang - karenanya - bila kau marah kau mencari permusuhan, bila kau bernafsu kau ingin kawin (bersenggama) bila kau lapar kau ingin makan dan bila kau haus kau ingin minum. sehinga tidaklah berbeda antara kita sebagai manusia dengan binatang piaraan kita.
Kau harus mengenal dirimu dengan sebenarnya, apa dan siapakah dirimu ? dari mana dirimu datang ke tempat ini ? untuk apa dirimu diciptakan ? dengan apa dirimu bahagia ? dan karena apa dirimu sengsara ?
Di dalam dirimu sebenarnya terkumpul berbagai karakter diantaranya karakter hewan, karakter binatang buas, dan karakter malaikat. Ruh adalah hakekat elemenmu, sedang yang lain adalah asing dan sekedar pinjaman yang menempel pada dirimu. Dan kita haruslah mengerti pada masing-masing karakter yang ada pada diri kita memiliki kebutuhan sendiri-sendiri dan kebahagiaan sendiri-sendiri. Karakter hewan misalnya dia memiliki kebutuhan makan, minum, dan bersenggama, jikalau kau termasuk dari karakter mereka teruslah kau puas-puaskan dengan memuarkan perut dan kelaminmu.
Kebahagiaan setan terletak pada tipu daya, kejahatan dan pegelabuan, sedngkan kebahagiaan binatang buas terletak pada terkaman, jikalau kita masih memiliki karakter serti itu maka dalam diri kita masih sangat dominan karakter-karakter setan dan binatang buas.
Jikalau kau termasuk pada karakter malaikat tentunya kau bersungguh-sungguhlah dalam belajar mengenali asalmu, sehingga memudahkan jalan dirimu menuju ke Hadirat Ke-Tuhanan yaitu mencapai tingkat persaksian terhadap keagungan dan keindahan Gusti Allah, melepaskan dirimu dari belenggu nafsu dan angkara murka.
Jikalau kau ingin mengenal dirimu, maka ketahuilah bahwa kau terdiri dari dua hal : pertama, Hati, kedua, yang dinamakan jiwa dan ruh. jiwa adalah hati yang kau kenal dengan mata hati dan merupakan hakekatmu yang dalam. selamat membaca (disadur dari kitab kimiasus sa'adah). bersambung bagian 2 (Usaha Mengenal Hati)
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou