Friday, June 14, 2013

Sujud: Mendekatkan Hati dan Jiwa kepada Allah



Almarhum Syaikh Shaduq meriwayatkan dari Amirul Mukminin ‘Ali bin Abi Thalib bahwa beliau ditanya tentang arti sujud pertama dalam setiap rakaat shalat.
Beliau menjawab, Artinya adalah, ya Allah, Engkau telah menciptakanku dari tanah. Dan tatkala mengangkat kepala dari sujud artinya adalah, Engkau telah mengeluarkanku dari tanah. Dan arti sujud yang kedua adalah, ya Allah, Engkau telah mengembalikanku ke dalam tanah. Dan arti dari mengangkat kepala dari sujud yang kedua adalah, sekali lagi Engkau mengeluarkanku dari tanah.”
Tujuan Allah mewajibkan para hamba-Nya bersujud adalah bahwa gerakan ini menjadikan hati, jiwa, dan perasaan para hamba-Nya menjadi dekat kepada-Nya. Oleh karena itu, siapa saja yang dekat dengan Allah, maka dia akan jauh dari selain-Nya. Bukankah Anda tahu bahwa bentuk lahiriah sujud adalah menutup mata dari segala sesuatu dan semuanya lenyap dari pandangan Anda?
Sehingga hilanglah dari pandangan kilauan nikmat dunia yang ada hanyalah gelap dan gelap bahkan gelapnya alam khubur nampak ketika sedang sujud, disitulah keyakinan akan kecilnya diri kita dibandingkan dengan kuasa Gusti Allah, dengan demikian akan menghilangkan kesombongan kita sebagai makhluk.
Selain itu sujud juga dapat mencerdaskan olah pikir kita, pikir kita berasal dari otak sedangkan otak butuh makanan dan makanan otak adalah alirah darah maka ketika kita sujud disitulah terjadi aliran darah ke otak. silahkan anda coba
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou