Monday, June 17, 2013

IMAN KEPADA ALLAH SUBHAANAHU WATA'ALA



Soal        Bagaimana cara beriman kepada Allah Subhaanahu Wata'ala ?
Jawab   Yaitu hendaklah meyakini bahwa Allah Subhaanahu Wata'ala memiliki segala sifat yg sempurna dan jauh dari sifat kekurangan.
Soal       Bagaimana cara beriman kepada Allah Subhaanahu Wata'ala secara lebih rinci ?
Jawab   Hendaklah meyakini bahwa  Allah Subhaanahu Wata'ala memiliki sifat : Wujud (Ada), Qidam (dahulu), Baqa (Kekal), Mukhaalafatu Lilhawaadits (Berbeda dengan Makhluk), Qiyaamuhu Binafsih (Mandiri dan tidak membutuhkan yg lain), Wahdaaniyyah (Maha Esa), Hayah (Hidup), 'Ilm (Mengetahui), Qudrah (Berkuasa), Iraadah (Berkehendak), Sama' (Mendengar), Bashar (melihat), Kalam (Berbicara).  Dan  meyakini  bahwasanya  Allah  itu  adalah  Al  Hayyu (Maha Hidup), 'Aliimun (Maha Mengetahui), Qaadirun (Maha Berkuasa), Muriidun (Maha Berkehendak) Samii'un (Maha Mendengar) Bashiirun (Maha Melihat) dan Mutakallimun (Maha Berbicara)
Soal        Bagaimana cara meyakini Wujud (Keberadan) Allah  ?
Jawab   Hendaklah meyakini bahwa Allah itu ada, dan keberadaanNya DzatNya itu ada dengan sendirinya tanpa memerlukan wasilah atau perantara. Dan meyakini bahwa keberadaanNya itu wajib adanya, tidak mungkin Dia pernah tiada.
Soal       Bagaimana cara meyakini Dahulu (Qidam) nya Allah ?
Jawab   Hendaklah kita meyakini bahwasanya Allah itu Maha Dahulu adaNya, yakni Allah itu ada sebelum adanya sesuatu selainNya, dan bahwasanya Dia tidak terikat waktu dan keberadaanNya tanpa awal. (bersambung).......

Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou