Tuesday, June 18, 2013

Bantulah Aku dengan Banyak Bersujud



Rabi‘ah bin Ka‘ab berkata:
Suatu hari, Rasulullah Saw. bersabda kepada saya, Wahai Rabi‘ah, selama tujuh tahun engkau mengabdi kepadaku, tidakkah engkau memiliki suatu keinginan dariku dan aku akan memenuhinya?” Saya menjawab, Wahai Rasulullah, berilah saya kesempatan untuk memikirkannya.”
Pada hari berikutnya, Rasul Saw. bersabda, Wahai Rabi‘ah, katakanlah keinginanmu! Saya berkata, “Mohonkanlah kepada Allah agar Dia memasukkan saya ke surga bersamamu!”
Tatkala mendengar permintaan saya ini, beliau Saw. bertanya, “Siapakah yang mengajarimu permintaan ini?” Saya menjawab, “Tidak ada seorang pun yang mengajari saya, tetapi saya berpikir sendiri. Jika saya meminta harta yang banyak, semua itu akan musnah. Jika saya menginginkan umur panjang dan banyak anak, akhirnya semuanya akan mati, maka dengan tafakur inilah saya menyampaikan kepada Anda permohonan saya itu.”
Untuk beberapa lama, Rasulullah Saw. menundukkan wajahnya dan berpikir, lalu beliau mengangkat kepala dan bersabda, Aku akan memohon kepada Allah untuk mengabulkan apa yang engkau inginkan, tetapi bantulah aku dengan banyak bersujud.” Imam ‘Ali berkata, Panjangkanlah sujudmu, karena tidak ada sebuah perbuatan yang amat menyakitkan setan melebihi tatkala dia melihat manusia yang tengah bersujud.” Beliau juga berkata, Panjangkanlah qunut (doa sebelum rukukedua) dan sujud dalam shalatmu, karena hal itu akan menyelamatkanmu dari siksa neraka.”
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou