Saturday, June 15, 2013

ARTI SEBUAH PERSAUDARAAN



Disebuah desa yang subur nan indah, hiduplah 2 lelaki bersaudara. Sang kakak telah berkeluarga dengan dikaruniai 2 orang anak yang lucu dan baik, sedangkan si adik masih melajang. Mereka menggarap satu lahan berdua dan ketika panen, hasilnya mereka bagi sama rata. Di suatu malam setelah panen, si adik duduk sendiri dan berfikir, "pembagian ini sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yang mendapat bagian lebih banyak karena dia hidup dengan istri dan kedua anaknya." Maka di malam yang sunyi itu diam-diam dia menggotong satu karung padi miliknya dan meletakkannya di lumbung padi milik kakaknya".
Ditempat yang lain, sang kakak juga sedang berpikir, "pembagian ini adil jika adikku mendapat bagian yang lebih banyak, karena ia hidup sendiri, jika terjadi apa-apa dengannya tak ada yang mengurus, sedangkan aku ada anak dan istri yang kelak merawatku." Maka sang kakakpun bergegas mengambil satu karung dari lumbungnya dan mengantarkan dengan diam-diam ke lumbung milik sang adik.
Kejadian ini terjadi bertahun-tahun. Dalam benak mereka berdua ada tanda tanya besar, mengapa lumbung padi mereka seperti tak berkurang meski telah menguranginya setiap kali panen ? Hingga di suatu malam yang lengang setelah panen, mereka berdua bertemu ditengah jalan. Masing-masing dari mereka menggotong satu karung padi. Tanda tanya dalam benak mereka terjawab sudah, seketika mereka saling berpelukan erat, mereka sungguh terharu menyadari betapa mereka saling menyayangi.
Beginilah seharusnya kita bersaudara. Harta tidak menjadi pemicu permusuhan melainkan menjadi perekat yang teramat kuat diantara saudara. Gusti Allah telah menanamkan cinta pada hati mereka yang mau lelah memikirkan nasib saudara-saudara mereka. Gusti Allah tak akan membiarkan kita kekurangan jika kita selalu berusaha mencukupi kehidupan orang lain. Gusti Allah tak akan menyusahkan kita yang selalu berusaha membahagiakan orang lain.
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou