Thursday, May 30, 2013

Menabur Benih Keteladanan

Keteladanan adalah modal dasar seorang guru bahkan merupakan modal paling berharga bagi guru. Sepintar apapun seorang guru ketika tidak memiliki jiwa keteladanan tentulah sulit dikatakan sebagai guru sukses. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kanjeng Nabi bahwa beliau adalah sebaik-baiknya contoh dalam kehidupan fana ini.
Ada pepatah yang mengatakan "guru yang baik adalah guru yang dapat membuat siswanya lebih cerdas dan berkarakter dari pada dirinya". tentunya saja seorang guru tidak hanya pinter bersilat lidah akan tetapi guru harus bisa memberikan keteladanan.
Karena yang paling utama dimunculkan dalam diri siswa adalah jiwa keteladanan. disadari atau tidak secara langsung perkataan dan perbuatan guru telah menghipnotis alam bawah sadar siswanya. maka ketika seorang guru tidak seimbang antara perkataan dan perbuatan maka ini akan mengakibatkan transfer value tidak sempurna.
Pepatah lain mengatakan bahwa: "satu teladan lebih baik dari seribu nasehat", jadi guru yang menasehati siswanya tanpa diikuti oleh keteladanan tentulah tidak akan berbuah apa-apa (maspro). lebih baik guru memberikan satu nasehat tetapi diikuti oleh keteladanan, dan inilah inti dari proses pembelajaran.
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou