Sunday, May 26, 2013

Manunggaling Kawulo Gusti Ala Siti Jenar

Maha guru Syech Siti Jenar pernah menjawab ketika ditanya oleh para utusan wali songo inilah dialognya:
Utusan wali     : "adakah Siti Jenar" ?
Siti Jenar         : "Siti Jenar tidak ada, yang ada Allah"...?
Kembalilah utusan wali songo menyampaikan bahwa siti jenar tidak ada yang ada hanyalah Allah, maka kembalilah utusan tersebut untuk memanggil siti jenar kedua kalinya menghadap para wali,
Utusan wali     : "adakah Gusti Allah" ?
Siti Jenar         : "Allah tidak ada, yang ada Siti Jenar "...?
Kembalilah utusan wali songo untuk kedua kalinya kepada para wali untuk menyampaikan bahwa gusti Allah tidak ada yang ada hanyalah Siti Jenar, maka kembalilah utusan tersebut untuk memanggil siti jenar ketiga kalinya menghadap para wali, dan para wali menyarankan pada santrinya untuk memanggil Gusti Allah dan Siti Jenar.
Utusan wali     : "adakah Gusti Allah dan Siti Jenar" ?
Siti Jenar         : "Allah ada dan Siti Jenar juga ada"...?
Inilah secuil dialog siti jenar dengan utusan para wali ketika para wali meminta pertanggung jawaban siti jenar atas ajaran-ajarannya.
Namun persoalannya yang perlu kita cermati bukan pada pengakuan siti jenar atas dirinya yang mengakui sebagai Tuhan, tetapi keberanian siti jenar menyampaikan pendapat dan ideologi yang berbeda dengan penguasa.
Karena, penafsiran saya konsep siti jenar tentang manunggaling kawulo gusti adalah manunggalnya antara Makhluk dangan Sang Kholik, dan ini dibenarkan dalam Islam karena manusia ketika awal diciptakan dari tanah oleh Gusti Allah, Gusti Allah memerintahkan kepada jin dan malaikat untuk bersujud kepada manusia setelah Gusti Allah menyempurnakan penciptaan manusia dengan ditiupkannya Ruhullah pada diri manusia.
Akan penafsiran saya akan manunggaling kawulo gusti yang dikembangkan oleh para wali nampaknya ada muatan politik, yakni terkait dengan manunggalnya hamba (rakyat) dengan Raja kala itu sehingga ada konsep sabdo pandito ratu. Wallahu a’lam. Bersmabung.....
Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou