Thursday, May 23, 2013

MAKNA SHOLAT MENURUT SYECH SITI JENAR (3)

  1. Sholat adalah sarana untuk komunikasi secara intens dengan gusti Allah. Karena sholat merupakan panggilan rahasia dan "pertemuan rahasia" shg terjadi kontak batin antara Makhluk dengan Sang Kholik. dalam sholat kita sebagai makhluk berusaha menguak cahaya Allah, dan cahaya Allah yang diturunkan kepada Kanjeng Nabi ada 6666 sinar (cahaya).
  2. Lalu, bagaimana kita bisa "menangkap" cahaya 6666 Allah itu ?, salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan melakukan ibadah sholat. sholat yang dimaksud adalah sholat khusyu'. khusyu' adalah sebuah bentuk dari sikap penyerahan diri melalui qolbu (hati) kepada gusti Allah.
  3. kembali kepada sholat, sholat pada awalnya merupakan gerakan fisik, kemudian mencapai puncaknya adaah gerakan mistis, dimana manusia memasuki alam rasa, olah rasa, dan olah batin. sehingga menurut kanjeng Nabi Muhammad disebutkan bahwa sholat itu merupakan mi'raj nya kaum muslimin. 
  4. berdasarkan sabda kanjeng Nabi tersebut maka ukuran kekusyu'an sholat manusia dapat dilihat dari dampak positif dalam diri manusia tersebut yakni semakin meningkatnya lapis-lapis kesadaran manusia akan dirinya sendiri, siapa diri ini, untuk apa diri ini hidup dan bagaimana diri hidup

Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou