Wednesday, May 22, 2013

Keikhlasan

  1. Apabila amal itu kita anggap sebagai tubuh, maka yang merupakan roh atau jiwa dalam tubuh itu adalah keikhlasan hati. apabila tubuh sudah ditinggalkan rohnya, sedangkan roh itulah yang menyebabkan ia hidup, maka jelaslah tubuh tadi hanyalah berupa bangkai atau mayat yang tak berarti, tak bermanfaat. apalah gunanya tubuh yang telah mati ? bukankah lebih menyelamatkan ummat jika disingkirkan saja, karena baunya yang busuk dan mengganggu kesehatan ?
  2. seperti itulah perumpamaan suatu amal yang telah ditinggalkan oleh keikhlasan hati. Oleh karena itu, keikhlasan sangat penting untuk menghidupkan suatu amalan, apabila diinginkan agar dapat terlaksana dengan baik dan sempurna. Bahkan keikhlasan itulah yang menjiwainya agar dapat memperoleh yang gemilang, terpuji di hadapan Sang Maha Suci (Gusti Allah).
  3. kemacetan usaha yang banyak dilakukan oleh manusia di dunia ini hanyalah dikarenakan adanya rasa ikhlas yang tidak terpatri dalam hati, semestinya keikhlasan dipergunakan sebagai landasan atau pondasi dalam beraktivitas. 
  4. Ketika, keikhlasan yang mendorong kita dalam beraktivitas, maka keikhlasan akan menimbulkan semangat hidup, menambah kesabaran dan ketekunan serta lebih berani dalam menghadapi rintangan dalam kehidupan di jagat raya ini.
  5. Namun, berhati-hatilah karena ikhlas dan riya' perbedaannya sangat tipis. 
Selamat membaca.... Semoga sukses.....

Design by Abdul Munir | Edited By Djava.Jr | Supported By VanLou